kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan Microsoft Excel ...
langsung aja ni..
A.Macam Menu Microsoft Excel 2007
Tampilan menu pada Excel 2007 dibedakan menjadi :
Tampilan menu pada Excel 2007 dibedakan menjadi :
1.Office Button
Office Button adalah menu pokok pada Microsoft Office 2007. Untuk menggunakan menu ini klik pada ikon Office Button yang terdapat di pojok kanan. Setelah Office Button diaktifkan (diklik) maka akan muncul pilihan sub perintah dari Office Button.
Untuk menggunakan submenu dari Office Button dengan cara sorot menu yang dipilih kemudian klik mouse.
Misalkan untuk menggunakan menu open maka mouse diarahkan pada ikon menu open kemudian klik mouse.
2.Tab menu
Menu pada Excel 2007 disusun dalam tab-tab menu. Untuk menggunakan tab menu dengan cara sorot tab yang akan dipilih kemudian klik mouse.
3.Ikon
Ikon-ikon pada Excel 2007 merupakan sub menu dari tab menu. Ikon-ikon ini dikelompokkan ke dalam group-group yang dikenal dengan istilah ribbon.
Pengelompokkan ikon-ikon ini sangat memudahkan kita dalam penggunaan perintah-perintah pada excel 2007. Untuk menggunakan perintah dari ikon-ikon tersebut kita cukup mengaktifkan ikon-ikon tersebut dengan cara klik pada ikon yang dipilih.
Misalnya untuk menggunakan perintah
insert Picture sorot ikon Picture.
Ada beberapa ikon yang memiliki sub
ikon. Ikon yang memiliki sub ikon ditandai dengan adanya tanda panah disudut
ikon. Untuk melihat sub ikon klik tanda panah yang ada di sudut ikon tersebut.
4.Dialog Box
Dialog box adalah perintah detail yang
tersembunyi dari tiap group ribbon. Untuk mengaktifkan perintah detail tersebut
dengan cara klik pada Dialog box yang terdapat ribbon.
B.Mengaktifkan Shortcut Microsoft Excel
2007
Antarmuka ribbon di Excel 2007 lebih
mudah digunakan dengan mouse, tapi ada baiknya kalian juga mengetahui shortcut
keyboard Excel 2007 sebagai antisipasi jika mouse tidak dapat digunakan
sebagaimana mestinya ketika bekerja. Shortcut adalah kombinasi ketikkan tombol-tombol
keyboard yang membuat program melakukan perintah tertentu. Ada cara yang cepat,
mudah dan layar akan memperlihatkan apa yang perlu kalian tekan yaitu cukup
tekan tombol ” Alt” semudah itu. Dengan menekannya, shortcut keyboard akan
tampil di bagian atas dari semua seksi yang ada pada ribbon.
Sebagai contoh, untuk membuka menu Home,
cukup tekan tombol “H” maka akan dibuka menu Home beserta shortcut dari
masing-masing ikon.
Untuk menggunakan ikon tekan tombol
shortcut dari masing-masing ikon. Misalkan untuk menggunakan atau mengaktifkan
ikon Bold dengan cara menekan tombol “1″ pada keyboard.
Berikut adalah beberapa
shortcut Excel yang sering digunakan :
· Tombol-Tombol
Dasar
· Tombol-Tombol
untuk pindah dan Menggulung (Scrolling) di Lembar kerja atau Buku Kerja
· Tombol-Tombol
untuk Menyisipkan, Menghapus, Mengcopy sell Terpilih
· Tombol-Tombol
untuk Format Sell
· Tombol-Tombol
untuk Menampilkan Kotak Dialog
· Tombol-Tombol
untuk Bekerja pada Aktif Sell atau Formula Bar
C.Aplikasi Penggunaan Menu
1. Menu Standar
a. Membuat Dokumen Baru
Buku Kerja (workbook) baru secara
otomatis akan disediakan oleh Excel ketika kita membuka program Excel. Buku
kerja tersebut tersusun dari beberapa lembar kerja (worksheet).
Buku kerja baru dapat kita buat dengan
menggunakan perintah New. Untuk menggunakan perintah New langkah-langkahnya sbb
:
1) Klik Office Button
2) New
3) Blank and Resent Blank Workbook
4) Creat
Selain melalui office button, kita juga
dapat melakukan perintah New dengan klik ikon New yang terdapat pada Quick
Access Toolbar atau dengan menekan tombol Ctrl + N pada Keyboard.
b. Menyimpan Dokumen
Dokumen yang kita buat sebaiknya
disimpan untuk antisipasi kebutuhan dokumen di lain hari. untuk menyimpan
dokumen Excel langkah-langkahnya sbb :
1) Klik Office Button
2) Pilih Save untuk menyimpan dengan
format dokumen Excel 2007 (format .xlsx). Pilih Save As jika ingin menyimpan
dengan format lain misalnya menyimpan dengan format excel 97-2003 (format.xls)
3) Tentukan lokasi penyimpanan dengan
klik pilihan pada kotak Save in.
4) Ketik nama dokumen pada kotak File
name.
5) Klik tombol Save.
Cara di atas adalah cara menyimpan
dokumen baru atau dokumen lama dengan nama dan format baru. Untuk menyimpan
dokumen lama yang diperbaharui caranya :
1) Klik Office Button
2) Klik Save
Dapat juga dengan klik ikon Save yang
terdapat pada Quick Accses Toolbar.
c. Menutup Dokumen
Setelah selesai bekerja dengan komputer
sebaiknya komputer segera dimatikan untuk menghemat penggunaan listrik. Sebelum
komputer dimatikan pertama semua program harus ditutup. Sebelum menutup
program, dokumen yang terbuka sebaiknya ditutup terlebih dahulu dengan
cara :
1) Klik Office Button
2) Klik Close
Setelah dokumen tertutup barulah program
ditutup. Untuk menutup program Excel langkah-langkahnya adalah :
1) Klik Office Button
2) Exit Excel
d. Membuka Dokumen Lama
Dalam bekerja membuat dokumen ada
kalanya kita memperbaharui data yang telah kita buat. Untuk membuka dokumen
yang kita simpan sebelum memperbaharui caranya :
1) Klik Office Button
2) Klik Open
3) Pilih lokasi dokumen yang disimpan
pada pilihan Look in
4) Pilih dokumen yang akan dibuka
5) Klik tombol Open.
2. Menu Formatting
a. Mengatur Font
Jenis huruf dan ukuran huruf dapat kita
atur sesuai dengan kebutuhan. Pengaturan huruf terdapat pada ribbon Font menu
Home.
Untuk mengganti jenis huruf aktifkan sell
yang akan diganti hurufnya – klik pilihan pada kotak Font.
Sedangkan untuk mengganti ukuran huruf
dengan cara aktifkan sell – klik pilihan pada kotak Font size.
Selain jenis dan ukuran huruf, kita juga
dapat mengatur cetakkan huruf dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan
oleh Excel seperti :
1). Ikon Bold untuk membuat cetakan
Tebal.
2). Ikon Italic untuk membuat cetakan
miring
3). Ikon Underline untuk membuat cetakan
Garis Bawah
Untuk menggunakan aktifkan sell kemudian
klik ikon pengaturan cetakan huruf Bold, Italic atau Underline.
b. Mengatur Teks dan Paragraf
Letak data pada sell dapat kita atur
supaya dokumen lebih rapi. Pengaturan penempatan data dan paragraf terdapat
pada ribbon Alignment menu Home.
Untuk mengatur Text pertama kalian
aktifkan sell yang akan diatur kemudian aktifkan ikon pengaturan text dengan
cara klik ikon.
1). Top Align mengatur teks berada di
atas.
2). Middle Align mengatur teks berada di
tengah.
3). Button Align mengatur teks berada di
bawah.
Selain mengatur letak teks pada sell
terdapat juga pengaturan paragraf. Untuk menggunakan ikon pengaturan paragraf
caranya sama ketika menggunakan ikon pengaturan teks, yaitu mengaktifkan sell
kemudian mengaktifkan ikon dengan cara klik mouse.
1). Align Text Left mengatur paragraf
rata kiri.
2). Center mengatur paragraf rata
tengah.
3). Align Text Right mengatur paragraf
rata kanan.
c. Cut, Paste, dan Copy
Cut digunakan untuk memindahkan data
dari satu sell ke sell yang lain. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi
data – klik ikon Cut pada menu Home.
Contoh untuk memindahkan data pada sell
A1 caranya :
1). Aktifkan sell A1
2). Klik ikon Cut
Paste digunakan untuk menampilkan data
setelah di Cut atau di Copy. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi sell di
mana data akan ditempatkan – klik ikon Paste pada menu Home.
Contoh untuk menampilkan data sell A1
yang di-Cut ke dalam sell B2 caranya :
1). Aktifkan sell B2
2). Klik ikon Paste
Copy digunakan untuk menyalin data dari
suatu sel. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi data – klik ikon copy
pada menu Home.
Contoh untuk menyalin data pada sell A1
caranya :
1). Aktifkan Sell A1
2). Klik ikon Copy
Selanjutnya untuk menampilkan data
salinan A1 klik ikon Paste.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar